Senin 27 Jun 2016 06:43 WIB

Sejarah Hari Ini: Ebola Menghantam Sudan

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Pemakaman korban virus Ebola
Foto:
Pencurian mobil (ilustrasi).

Seorang pria bernama Marcley mengaku bersalah telah melakukan percobaan pencurian motor di New York pada 26 Juni 1921. Ia menerima hukuman percoban ringan  atas pelanggarannya. 

Pada 1922, Marcley kembali melakukan pencurian. Kali ini, ia mencoba mengambil beberapa ekor ayam dari sebuah petenakan ayam. Selain itu, ia juga mencuri suku cadang mobil dari toko lokal di New York. 

Atas tindak pidana yang dilakukannya kali ini, ia diberikan hukuman selama 3 tahun penjara. Meski telah berada dipenjara, sesaat setelah beas, Marcley kembali melakukan pencurian. 

Kejahatan yang ke-4 kalinya ia lakukan ini adalah mencuri mobil. Pada 1926, New York mulai mengadopsi Undang-undang (UU) Baumes yang tengah dibentuk saat itu. 

UU ini memberlakukan setiap orang yang telah melakukan kejahatan selama empat kali, secara otomatis dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Namun, karena saat itu belum didopsi secara resmi, Marcley dibebaskan dari aturan tersebut. 

Meski demikian, hukuman untuknya masih dipertimbangkan oleh para juri di Pengadilan New York. Pada akhirnya, mayoritas juri setuju bahwa dalam kasus Marcley, UU Baumes tidak perlu diberlakukan. Ia diberi hukuman lebih ringan dan sesuai, hingga kemudian dibebaskan pada 1930. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement