Kamis 04 Aug 2016 08:22 WIB

Misteri Kicauan Stratfor, CIA, dan Penggulingan Pemerintah Turki

Misteri kicauan Stratfor
Foto:
Suasana rapat umum ntuk mendukung demokrasi dan mengutuk upaya kudeta berdarah 15 Juli lalu di Turki

Sejumlah spekulasi muncul, Statfor memiliki kedekatan tertentu dengan Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA). Namun majalah Atlantik pada 2012 menulis, "Stratfor bukanlah lembaga bayangan CIA seperti diperkirakan WikiLeaks." "Seorang teman yang bekerja di intelijen berkelakar Stratfor hanyalah majalah ekonomi dan ratusan kali lebih mahal."

Pada 2012, WikiLeaks mengunggah koresponden internal Stratfor. Menurut WikiLeaks, daripada menyandarkan kepada sumber valid, Stratfor lebih menggunakan informasi intelijen yang ia peroleh dari 'mata-matanya' di berbagai belahan dunia.

Dalam salah satu bocoran dokumen, Stratfor disebut pernah membayar seseorang yang berhubungan dengan tentara Lebanon sebesar 6.000 dolar AS per bulan untuk analisis Timur Tengah.

Stratfor didirikan pada 1996 dan berbasis di Austin, Texas. Anadolu menyebut George Friedman, pendiri Stratfor merupakan mantan analis politik yang memilki perspektif anti-Islam dan pro-Israel. Friedman lahir di Hungaria dari keluarga Yahudi.

Friedman mundur pada 2015 ketika CEO David Sikora bergabung dengan perusahaan. Anadolu mengungkapkan latar belakang staf Stratfor lainnya juga menarik.

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement