Kamis 08 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Eisenhower Umumkan Italia Menyerah di PD II

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Presiden ke 34 AS, Dwight D Eisenhower.
Foto:
Oprah Winfrey (file photo)

Pada 8 September 1986, The Oprah Winfrey Show tayang perdana secara nasional di Amerika Serikat (AS). Setelah mendulang kesuksesan besar melalui acara tesebut, Oprah menjadi salah satu perempuan paling berpengaruh dalam bisnis penyiaran di AS.

Oprah lahir pada 24 Januari 1954 di pedesaan Mississippi. Ia memulai karir sebagai pembaca berita lokal di Nashville dan Baltimore sebelum pindah ke Chicago pada 1984.

Acara yang dipandunya dengan cepat menjadi acara favorit hingga mengalahkan talk show Phil Donahue. Atas desakan kritikus film asal Chicago, Roger Ebert, Oprah menandatangani kesepakatan dengan King World.

Setelah itu, acaranya sendiri, The Oprah Winfrey Show resmi dibuat. Acara ini mendapat rating tertinggi untuk kategori talk show dalam sejarah pertelevisian.

Menjadi presenter bukan satu-satunya keahlian yang dimilikinya. Ia membuat debut layar lebar sebagai Sofia dalam film The Color Purple (1985), karya sutradara Steven Spielberg.

Melalui film ini, Oprah menjadi nominator Oscar dalam kategori Aktris Pemeran Pembantu Terbaik, meski harus mengalah kepada Anjelica Huston yang bermain dalam film Prizzi's Honor.

Oprah kemudian ikut dalam produksi film Beloved (1998) dan mengisi suara dalam film Charlotte Web (2006) dan Bee Movie (2007). Selain TV dan film, karirnya bercabang ke media lain, seperti majalah, radio, dan teater musikal.

Pada 2008, The Oprah Winfrey Show diperkirakan ditonton 46 juta orang di AS per pekan. Acara ini disiarkan juga di 134 negara, termasuk di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement