Sabtu 24 Sep 2016 14:34 WIB

Surat Alex untuk Omran Dagnesh, Sentuh Hati Obama

Rep: Puti Almas/ Red: Ilham
Omran Dagnesh, bocah yang selamat dari serangan udara di Suriah.
Foto: Independent
Presiden AS Barack Obama sedang membaca

Pria kelahiran 4 Agustus 1961 itu juga menayangkan video saat Alex membacakan surat itu melalui akun Facebook. Video itu telah dibagikan sebanyak lebih dari 150 ribu kali dan ditonton oleh setidaknya delapan juta orang di seluruh dunia.

"Dari dia (Alex), kita semua bisa belajar banyak hal. Rasa kemanusiaan yang tinggi bahkan sudah dimiliki oleh anak-anak tanpa rasa curiga dan takut," kata Obama.

Ia juga mengatakan, dunia bisa begitu damai, jika semua orang berpikir seperti Alex. Namun, pada kenyataannya adalah banyak dari orang di dunia suka menyakiti sesama.

 "Bayangkan jika hal ini terjadi pada semua orang di dunia. Penderitaan apapun dapat terasa ringan karena semua orang saling membantu, bukan menyakiti," jelas Obama.

Omran telah kehilangan kakak laki-lakinya bernama Ali (10) dalam serangan udara yang menghantam Aleppo. Dengan demikian, diperkirakan, 20 persen dari korban tewas dalam perang di Suriah sejak 2011 lalu adalah anak-anak.

Jumlah pengungsi dari Suriah sejak terjadinya konflik juga dilaporkan mencapai 4,3 juta orang. Setengah dari jumlah tersebut dilaporkan adalah anak-anak.

Jutaan anak-anak di Suriah telah kehilangan kesempatan untuk bersekolah. Mereka, di usia masih sangat muda harus mengenal perang yang penuh dengan kekejaman. Tak heran, hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana masa depan anak-anak ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement