Jumat 03 Feb 2017 09:39 WIB

Sejarah Hari Ini: AS Lakukan Uji Coba Nuklir

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Reaktor nuklir, ilustrasi
Mark Twain

Pada tanggal 3 Februari 1863 Samuel Clemens pertama kali menggunakan nama pena Mark Twain di Koran Virginia City. Sejumlah karyanya antara lain "The Adventures of Tom Sawyer",  "Adventures of Huckleberry Finn",

Seperti dilansir Biography, Mark Twain mengeksplorasi jiwa Amerika di dalam novelnya. Ia menuliskan novelnya dengan cerdas, gembira, tajam akan kebenaran. Kehebatannya dalam menulis membuatnya menjadi harta nasional yang berharga.

Mark Twain lahir di Florida, Missouro pada 30 November 1835. Ia selain penulis juga seorang jurnalis, dosen, pengusaha, penemu, dan nahkoda kapal.

Mark Twain merupakan anak keenam dari John dan Jane Clemens. Ketika ia berusia 4 tahun keluarganya pindah ke Kota Hannibal yang lebih ramai.

John Clemens bekerja keras menjadi penjaga toko, pengacara, hakim, spekulator harga tanah. Ia sangat ingin kaya namun  tak pernah mendapatkannya. Bahkan saat Mark Twain masih kecil ia tak pernah melihat ayahnya tersenyum.

Sedangkan ibunya Jane kebalikan dari ayahnya. Ia wanita penyayang dan periang. Ia sering menghibur anak-anaknya dengan menceritakan banyak cerita yang menyenangkan untuk mengusir dinginnya malam di musim dingin.

Pada tahun 1847 tiba-tiba John meninggal. Akhirnya Jane terpaksa menghidupi anak-anaknya sendiri. Mereka mengalami kesulitan ekonomi.

Latar belakang inilah yang akhirnya mempengaruhi karir Mark Twain. Ia bekerja keras untuk menjadi sukses demi mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement