Sabtu 04 Feb 2017 15:29 WIB

Sejarah Hari Ini: Prancis Umumkan Hapus Perbudakan

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Perbudakan (Ilustrasi)
Foto: .
George Washington

Pada tanggal 4 Februari 1789  electoral college Amerika Serikat memilih  George Washington sebagai Presiden AS dan John Adam sebagai Wakil Presiden AS.

Seperti dilansir On This Day, Washington disebut sebagai pendiri Amerika. Ia merupakan komandan tentara kontinental saat terjadi revolusi Amerika pada 1776. Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris.

Kepemimpinan Washington saat menjadi komandan tentara kontinental memiliki kontribusi yang banyak dalam memerdekakan daerah-daerah jajahan di Amerika dan memperjuangkan kemerdekaannya.

Pada tahun 1783 akhirnya Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat. Washington keluar dari ketentaraan kemudian ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional. Sebagai Ketua  Konvensi Konstitusional, ia memutuskan bentuk pemerintahan yang baru dan terpilih menjadi presiden pertama AS. Guna menghormati perjuangannya maka di Amerika juga dibentuk Kota Washington DC yang merupakan ibu kota Amerika. Kota Washington dinamai sesuai dengan nama Washington sebagai bapak negara AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement