Jumat 17 Feb 2017 11:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Picasso Diperkenalkan di Amerika Serikat

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Pablo Picasso
Foto:
Pahlawan Filipina Emilio Aguinaldo.

Pada 17 Februari 1897 Pahlawan Filipina Emilio Aguinaldo bersama kelompok Katipuneros mengalahkan tentara Spanyol yang dipimpin oleh Jenderal Camilo de Polavieja dalam Pertempuran Jembatan Zapote di Cavite, Filipina.

Aguinaldo merupakan pemimpin Filipina yang berjuang melawan penjajahan  Spanyol. Ia juga berjuang bagi kemerdekaan Filipina dari pendudukan Amerika.

Ia menghabiskan masa pendidikannya dengan menimba ilmu di Universitas Santo Tomas, Manila. Pada 1896 Aguinaldo menjadi wali kota Cavite Viejo. Sebagai wali kota dan pemimpin lokal dari daerah Katipunan ia terus berjuang melawan  Spanyol.

Seperti dilansir Biography, Aguinaldo membangkitkan kesadaran rakyat Filipina untuk membebaskan diri dari penjajahan pemerintah kolonial Spanyol. Saat menjadi kepala Barter Manila, ia bergabung dengan Pilar Lodge yang merupakan cabang Freemasonry pada tahun 1895.

Freemasonry merupakan kelompok perlawanan yang dilarang oleh pemerintah kolonial dan gereja. Melalui persaudaraan di Freemasonry ini Aguinaldo bertemu dengan Andres Bonifacio yang merupakan figur kunci penggulingan kekuasaan Spanyol di Filipina.

Pada Desember 1897, perjuangannya membuahkan hasil dengan penandatanganan perjanjian Biak-na-Bato dengan gubernur jenderal Spanyol. Dalam perjanjian itu gubernur jenderal Spanyol setuju  meninggalkan Filipina dan tetap tinggal di pengasingan selamanya.

Perjuangan Aguinaldo yang terus-menerus tanpa henti akhirnya menghantarkan kemerdekaan Filipina pada 12 Juni 1898.  Aguinaldo akhirnya terpilih menjadi Presiden Filipina yang pertama.n dyah ratna meta novia

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement