Jumat 17 Feb 2017 11:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Picasso Diperkenalkan di Amerika Serikat

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Pablo Picasso
Foto:
Afonso de Albuquerque.

Pada 17 Februari 1510 Laksamana Portugis Afonso de Albuquerque menaklukkan Kota Goa hanya dengan sedikit konflik. Ia dikenal karena perannya dalam membentuk pemerintahan kolonial Portugis di Asia.

Albuquerque dilahirkan di Alhandra pada 1453.  Ayahnya Goncalo de Albuquerque memiliki posisi sangat penting dalam pemerintahan. Selain itu juga memiliki darah keturunan raja-raja Portugal.

Sebagai seorang keturunan raja,  Albuquerque mendapatkan pendidikan yang cukup baik. Ia belajar matematika dan latin klasik. Selain itu ia juga belajad militer.

Seperti dilansir On This Day, Albuquerque sangat brilian dalam bidang militer. Ini ditunjukkan dalam kampanye militernya  melawan Kekaisaran Otoman Turki yang terkenal sangat kuat. Ini membuat Portugal menjadi kekaisaran yang dikenal mengglobal dalam sejarah dunia.

Kemenangan yang pernah diraih Albuquerque antara lain mencaplok  Hormuz pada  1507 dari wilayah milik Persia. Penaklukan Goa di India  dalam waktu kurang dari satu hari pada tahun 1510,  dan penaklukan Malaka pada 1511.

Selama lima tahun terakhir dalam hidupnya, ia menjadi gubernur kedua Portugis di India. Ia juga menjadi pionir dalam perdagangan di Laut Eropa dengan Cina yakni dengan Dinasti Ming. Ia juga berdagang dengan  Thailand dan Timor.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement