Senin 03 Jul 2017 11:46 WIB

Sejarah Hari Ini: Salah Sasaran, Kapal Perang AS Tembak Jatuh Pesawat Penumpang Iran

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Iran Air
Foto:
Jim Morrison

Jim Morrison, vokalis band beraliran rock asal Amerika The Doors, meninggal dunia di usia 27 tahun pada 3 Juli 1971. Ia ditemukan tewas di bak mandi apartemennya di 17 Rue Beautraillis, Paris oleh pacarnya Pamela Courson.

Keterangan dokter menyatakan, penyebab kematiannya adalah gagal jantung yang diperparah dengan konsumsi alkohol. Ia meninggalkan personel The Doors lainnya, yaitu Ray Manzarek, Robbie Krieger, dan John Densmore yang saat itu berada di AS.

Dilansir dari BBC, Morrison, yang juga dikenal sebagai Lizard King, lahir di Florida pada 1943. Dia membentuk The Doors bersama Ray Manzarek pada 1965 di Los Angeles.

Popularitas The Doors melejit sebagai band baru dalam industri musik. Album pertama mereka, The Doors, yang dirilis oleh Elektra Records pada 1967, dengan segera menduduki sejumlah puncak tangga lagu di AS.

Seiring dengan meningkatnya ketenaran The Doors, personelnya justru semakin kehilangan kredibilitas. Morisson pernah ditangkap setelah melakukan pelecehan dalam konser di Dinner Key Miami pada 1969 karena ia banyak terpengaruh oleh obat-obatan dan minuman keras.

Morrison beristirahat untuk selamanya di pemakaman Père Lachaise di Paris. Pada 1991, ulang tahun ke-20 kematiannya, pengelola pemakaman harus meminta keamanan ekstra dari polisi karena para penggemarnya berbuat gaduh di pusara Morrison.

Kematiannya tak membuat ia dilupakan. Pada 1991, Oliver Stone ingin menghidupkan kembali karakter Morrison dengan film biografi berjudul The Doors, yang dibintangi Val Kilmer.

Selanjutnya: Aktor Tom Cruise Lahir

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement