REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG - Korea Utara (Korut) kini tengah mengupayakan agar pelayanan di toko dan tempat perbelanjaan dilakukan dengan layanan tidak bertatap muka. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
"Untuk memberikan kenyamanan lebih sesuai dengan langkah-langkah pencegahan virus di banyak distrik termasuk Pyongyang," kata seorang penyiar radio Korea Utara seperti dikutip dari Yonhap News, Senin (1/6).
Selain itu Korea Utara juga tengah meningkatkan layanan bagi pelanggan seperti mendorong 'layanan pesanan' di restoran dan toko grosir. Dengan cara tersebut pelanggan dapat meminta produk terlebih dahulu.
Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah pelanggan dari keramaian. Cara tersebut biasa dikenal di perpustakaan.
Outlet juga meminta asisten penjualan untuk mengikuti protokol antivirus dan pemeriksaan kesehatan yang lebih ketat. Peringatan agar tetap mengikuti protokol tersebut juga berlaku untuk para pekerja yang bekerja di pelabuhan, stasiun kargo, dan industri perikanan. Semua karyawan didesak untuk mematuhi peraturan ketat untuk mencegah penyebaran virus.