Kamis 31 Dec 2020 10:27 WIB

China Kecam Transit Kapal Perang AS di Selat Taiwan

China mengklaim pulau Taiwan yang demokratis sebagai wilayahnya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Selat Taiwan
Foto:

Kementerian menambahkan kapal dan pesawat mereka mengikuti kapal-kapal AS tersebut. Kementerian Pertahanan China mengatakan kapal-kapal tersebut mengirimkan pesan yang salah dalam mendukung kemerdekaan Taiwan dan menjadi ancaman serius bagi stabilitas dan perdamaian.

"Tentara Pembebas Rakyat China menjaga tingkat kewaspadaan tinggi sepanjang waktu, merespon setiap ancaman dan provokasi sepanjang waktu dan dengan tegas mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial," kata Kementerian.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal-kapal AS tersebut berlayar ke arah utara selat dalam apa yang mereka sebut 'misi biasa'. Mereka menambahkan angkatan bersenjata Taiwan memantau pelayaran dan situasi itu sebagai sesuatu yang 'normal'.  

Militer China mengatakan mereka membuntuti kapal-kapal tempur AS itu melewati Selat Taiwan pada 19 Desember. Mereka mengecam misi tersebut.

Satu hari kemudian Taiwan mengerahkan Angkatan Laut dan Udara mereka. Karena China mengirimkan satu grup misi maritim yang dipimpin kapal induk terbaru mereka, Shandong ke perairan tersebut. China mengatakan grup tersebut sedang dalam perjalanan menuju latihan rutin di Laut China Selatan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement