Kamis 07 Jan 2021 02:09 WIB

Ilmuwan Turki: Tanaman Astragalus Bisa Bantu Lawan Kanker

Menurut ilmuwan, ramuan astragalus bisa meningkatkan sistem kekebalan pasien kanker

Red: Nur Aini
Sekelompok ilmuwan Turki mengatakan pada Selasa (5/1) bahwa tanaman astragalus telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan pasien kanker.

Erdal Bedir, profesor bioteknologi di Institut Teknologi Izmir, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa tim tersebut memulai penelitian berdasarkan penggunaan sejenis astragalus oleh pasien kanker di Turki.

Tim peneliti menemukan bahwa ramuan tersebut tidak memiliki efek langsung pada sel kanker, tetapi bisa meningkatkan sistem kekebalan.

"Kami menemukan bahwa beberapa molekul yang kami peroleh meningkatkan jumlah beberapa sitokin penting dan merangsang kekebalan dengan kuat. Paten yang diperoleh tim kami mencakup molekul dan turunan yang diperoleh dari sejenis Astragalus," kata Bedir.

Dia mengatakan bahwa tim telah mendemonstrasikan bahwa molekul tersebut yang disajikan dalam paten ini dapat digunakan sebagai kandidat adjuvan yang kuat dalam formulasi vaksin dan bahkan dalam vaksin kanker karena bisa memicu sistem kekebalan pada tingkat sel.

Dia menekankan bahwa molekul itu juga merupakan kandidat adjuvan yang ideal untuk formulasi vaksin yang dikembangkan untuk Covid-19. Peneliti dari Institut Teknologi Izmir itu terdiri dari profesor kimia Ali Cagir, kandidat doktor Nilgun Yakubogullari dan Duygu Sag dari Pusat Biomedis dan Genom.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/ilmuwan-turki-tanaman-astragalus-bisa-bantu-lawan-kanker/2099654
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement