Rabu 13 Jan 2021 20:08 WIB

Dianggap Pasang Iklan Rasis, Perusahaan Tisu China Dihujat

Iklan dianggap menyindir wanita tak menarik jika tampil tanpa riasan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Kotak tisu, ilustrasi
Foto:

Dalam klip berdurasi 26 detik tersebut, seorang wanita muda terlihat sedang diikuti oleh seorang pria saat berjalan sendirian di malam hari.

Dia mulai menghapus riasannya dengan tisu wajah. Ketika penguntit menariknya dari belakang, dia berbalik dan menunjukkan wajahnya yang tanpa riasan. Pada scene ini, karakternya diperankan oleh aktor pria.

Kritik terhadap iklan tersebut muncul ketika protes online melawan seksisme dan narasi yang menyalahkan korban di negara tersebut. Tahun lalu, dua perguruan tinggi China mendapat kecaman karena memberikan saran dalam panduan keselamatan mereka tentang bagaimana siswa perempuan harus lakukan untuk menghindari pelecehan seksual di kampus.

Universitas Guangxi mengatakan bahwa wanita harus berpakaian sopan dengan menghindari garis leher yang longgar atau memamerkan punggung mereka untuk mencegah para penggina.

Sementara itu, Akademi Seni China di Hangzhou mengatakan bahwa faktor-faktor seperti memiliki penampilan yang cantik dan terlalu fokus pada penampilan dapat memancing perhatian seksual yang tidak diinginkan dari pria.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement