Selasa 19 Jan 2021 10:58 WIB

Laporan: Trump tak Sambut Joe Biden di Gedung Putih

Donald Trump disebut melanggar tradisi-tradisi penyerahan kekuasaan di AS.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Donald Trump.
Foto:

Mereka membersihkan karpet, tirai dan permukaan untuk menghilangkan kemungkinan virus Covid-19 dan kuman. "Menyedot debu dan memindahkan furnitur, membersihkan alas tiang, membersihkan tirai, lampu gantung, jendela, membersihkan banyak debu," kata sumber tersebut.

"Pembersihan segera dilakukan setelah Donald Trump dan Melania Trump pergi," tambah sumber itu.

Sumber mengatakan, fokus utama pada kamar tidur, sesuai standar operasional, keluarga baru akan mendapatkan tempat tidur baru. Pengaturan tempat tidur Joe dan Jill Biden sangat berbeda dari pasangan Trump.

Melania Trump lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat tidur besar yang biasanya disediakan untuk Presiden dan pasangan mereka. "Donald Trump tidur di kamarnya sendirinya, yang merupakan ruang belajar atau kerja pemerintahan sebelumnya," kata sumber yang mengetahui hal tersebut.

Pada Senin (18/1) lalu terlihat mobil truk di jalur masuk Mar-a Lago, Palm Beach, Florida, milik Trump. Pegawai perusahaan pindah memasukan kotak-kotak dan barang-barang ke klub pribadi tersebut. Kabarnya klub tersebut akan menjadi rumah Trump usai tidak lagi menjabat sebagai presiden.

Trump melakukan berbagai pelanggaran norma dan tradisi selama pelantikan Joe Biden. Perilaku kekanak-kanakan datang langsung dari Presiden Amerika Serikat yang vokal mengenai ketidaktertarikannya untuk menjaga kesopanan pada orang yang menggantikannya.

Sejumlah sumber mengatakan Trump mempertimbangkan apakah akan meninggalkan surat untuk Biden di ruang kantor presiden AS, Oval Office. Melania Trump yang tak terlihat selama dua pekan terakhir juga tidak mengundang Jill Biden ke Gedung Putih yang biasanya dilakukan ibu negara pada penggantinya.

Walaupun di masa kampanye para kandidat presiden saling serang, tapi biasanya usai pemilihan, ibu negara dan presiden mengesampingkan perasaan dan ego mereka. Norma tersebut dilanggar Trump dan Melania.

"Saya mengingat interaksi antara ibu negara Hillary Clinton dengan Barbara Bush pada tahun 1992 ketika ia pertama kali tiba di Gedung Putih dan pada tahun 2000 ketika ia menjadi tuan rumah bagi Laura Bush, kedua itu interaksi itu terjadi usai masa kampanye yang kontroversial tapi kedua kunjungan sangat ramah," kata mantan pejabat pemerintahan Clinton pada CNN. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement