Kamis 21 Jan 2021 10:33 WIB

Para Pemimpin Dunia Sambut Pelantikan Joe Biden

Para pemimpin dunia berharap dapat bekerja sama dengan pemerintahan Joe Biden

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Presiden terpilih Joe Biden (kanan) dan Dr. Jill Biden tiba di Crypt of the US Capitol untuk upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46 di Washington, DC, AS, 20 Januari 2021. Biden memenangkan pemilu 3 November 2020 untuk menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46.
Foto:

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan menantikan kepresidenan Biden. "Kami memiliki agenda bersama yang kuat, mulai dari multilateralisme efektif yang kami berdua ingin lihat, hingga perubahan iklim, transisi hijau dan digital, serta inklusi sosial,” ucapnya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron turut menyambut pelantikan Biden. Dia secara khusus menyanjung komitmen Biden untuk mengembalikan AS ke Kesepakatan Iklim Paris. "Kita akan lebih kuat menghadapi tantangan zaman kita. Lebih kuat untuk membangun masa depan kita. Lebih kuat untuk melindungi planet kita. Selamat datang kembali di Perjanjian Paris!” ujar Macron.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengungkapkan akan melanjutkan kerja sama dan kemitraan dengan AS di bawah pemerintahan Biden. Penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi adalah dua bidang utama yang diprioritaskan.

 

“Kita juga akan bekerja sama untuk memajukan aksi iklim dan pertumbuhan ekonomi yang bersih, mempromosikan inklusi dan keragaman, serta menciptakan lapangan kerja dan peluang kelas menengah yang baik bagi rakyat kita sambil berkontribusi pada demokrasi, perdamaian, dan keamanan di dalam negeri dan di seluruh dunia," kata Trudeau. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement