Ahad 24 Jan 2021 19:25 WIB

Akankah Nasib Netanyahu Seperti Trump di Pemilu Israel?

Netanyahu menghadapi pengadilan korupsi dan perpecahan partai

Red: Nur Aini
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menghadapi pertarungan yang sulit di tengah perpecahan di dalam partai sayap kanannya, Likud.

Pada saat pemungutan suara Israel digelar Maret mendatang, Donald Trump, yang membangun hubungan kuat dengan Netanyahu, sudah angkat kaki dari Gedung Putih alias tidak lagi menjadi Presiden AS.

Trump selama ini telah mendukung kebijakan Netanyahu dengan merelokasi Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, melegalkan pemukiman pendudukan Israel di Tepi Barat, dan mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan Suriah.

Selain itu, Trump mendorong kesepakatan normalisasi antara Israel dan sejumlah negara Arab – seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Jika Trump selama ini berhasil mengangkat popularitas Netanyahu, terutama dalam basis sayap kanan, Presiden AS yang baru Joe Biden mungkin tidak banyak melakukannya.

Netanyahu telah berjanji mempercepat kampanye vaksinasi Covid-19 untuk memastikan selesai pada akhir Maret, sebuah langkah yang dinilai banyak analis sebagai trik kampanye.

Taktik memecah belah

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/akankah-netanyahu-mengalami-nasib-seperti-trump-di-pemilu-israel/2118979
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement