Rabu 03 Feb 2021 08:32 WIB

Palestina Mulai Vaksinasi di Wilayah Tepi Barat

Israel menjanjikan memasok 5.000 dosis vaksin ke wilayah pendudukan di Palestina.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nidia Zuraya
 Warga Palestina melintasi pagar keamanan Israel ke daerah Israel dekat kota Hebron, Tepi Barat, Ahad (31/1/2021). Otoritas Palestina (PA) memulai vaksinasi Covid-19 di Tepi Barat yang diduduki pada Selasa (2/2/2021).
Foto:

Palestina berharap mendapatkan puluhan ribu dosis lagi dalam beberapa pekan mendatang melalui program Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sementara itu, koresponden Aljazirah, Nida Ibrahim di Tepi Barat melaporkan, bahwa 5.000 suntikan vaksin yang akan didapat warga Palestina tidak cukup untuk menutupi sebagian kecil dari yang dibutuhkan Palestina.

"Kementerian Kesehatan mengatakan ada lebih dari 12 ribu pekerja lini depan di sektor kesehatan yang menangani pasien Covid-19 di ICU dan laboratorium dan mereka semua sangat membutuhkan," katanya.

Ada juga lima juta warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan di Jalur Gaza dan mereka tidak memiliki akses ke vaksin sampai sekarang. WHO telah menyatakan keprihatinannya tentang ketidakadilan antara Israel. Seperti diketahui Israel memimpin salah satu kampanye vaksinasi paling sukses di dunia, dan wilayah Palestina yang diduduki.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan, Israel memiliki kewajiban sebagai kekuatan pendudukan untuk memvaksinasi warga Palestina. Israel menyangkal memiliki tanggung jawab seperti itu, dan mengatakan prioritasnya adalah warganya sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement