Jumat 05 Feb 2021 08:55 WIB

Ajudan Aung San Suu Kyi Ditangkap Militer Myanmar

Ajudan Aung San Suu Kyi ditangkap setelah kudeta militer Myanmar

Red: Nur Aini
Dalam file foto 15 Juni 2012 ini, pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi memberi pengarahan kepada media setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg di wisma tamu pemerintah Norwegia di Oslo. Militer Myanmar telah mengambil kendali negara itu dalam keadaan darurat satu tahun dan laporan mengatakan Penasihat Negara Aung San Suu Kyi dan para pemimpin pemerintah lainnya telah ditahan.
Foto:

Pemimpin terpilih Suu Kyi ditangkap sejak Senin (1/2), ketika dijatuhkan oleh militer atas nama penyimpangan dalam pemilu November lalu. Suu Kyi menghadapi tuduhan telah mengimpor enam radio walkie-talkie secara ilegal, seperti yang ditunjukkan dokumen kepolisian.

Dewan Keamanan PBB pada Kamis (4/2) menyerukan pembebasan Suu Kyi dan tahanan lainnya dan menyatakan prihatin dengan situasi di Myanmar. Badan tersebut menghentikan sesaat kecaman kudeta, yang menghentikan transisi panjang menuju demokrasi.

Sekitar 147 orang ditangkap sejak kudeta, termasuk para pegiat, anggota dewan dan pejabat dari pemerintahaan Suu Kyi, seperti diungkap Assistance Association for Political Prisoners (AAPP) Myanmar pada Kamis (4/2).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement