Selasa 09 Feb 2021 13:34 WIB

Senat AS Percepat Proses Sidang Pemakzulan Donald Trump

Persidangan oemakzulan Donald Trump berlangsung selama empat hari.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Donald Trump
Foto:

Berdasarkan kerangka waktu yang diumumkan Schumer, anggota House yang bertindak sebagai jaksa atau disebut tim manager dan tim pengacara Trump memiliki waktu 16 jam untuk menyampaikan argumen mereka. Masing-masing mendapatkan dua hari dari empat hari dari total proses persidangan.

Schumer mengatakan Senat akan melakukan jeda pada Sabbath yang dimulai pada Jumat (12/2) sore, lalu kembali bekerja Ahad (14/2) pagi. Schumer mengatakan sebelum sidang ditutup Senat berencana untuk mengizinkan kedua belah pihak berdebat dan memanggil saksi usai mereka menyampaikan argumen awal. Termasuk memanggil Trump.

"(Kerangka waktu) ini menjaga proses hukum dan hak kedua belah pihak serta akan memberi waktu yang cukup bagi para senator untuk meninjau kasus dan argumen-argumennya," kata ketua Senat Partai Republik Mitch McConnell.

Pengacara Trump masih bersikeras mantan Presiden AS ke-45 itu tidak memicu kerusuhan di Capitol Hill bulan lalu. Mereka juga berpendapat sidang pemakzulan Trump yang kedua tidak konstitusional.

Dalam dokumen pra-sidang pengacara Trump, Bruce Castor dan  David Schoen memberikan tanggapan yang keras terhadap dakwaan House. Partai Demokrat menggunakan pidato Trump sebelum para pendukungnya mereka Capitol Hill sebagai bukti dakwaan mereka.

Pengacara-pengacara Trump berpendapat pidato Trump dilindungi Amandemen Pertama Konstitusi AS yang menjamin kebebasan berbicara. "Tidak satu kata pun mendorong kekerasan atau tindakan melanggar hukum, baik implisit maupun eksplisit," kata mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement