Ahad 14 Feb 2021 22:10 WIB

Misi Harapan UEA Berhasil Tangkap Gambar Pertama Mars

Misi Harapan UEA berhasil mengambil pemandangan Mars

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nashih Nashrullah
Misi Harapan UEA berhasil mengambil pemandangan Mars. Ilustrasi probe Uni Emirat Arab berhasil masuk ke orbit Mars
Foto:

Tiga gunung berapi perisai dalam satu baris adalah Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons. Lalu ke timur, ke ujung planet, dan kita bisa melihat sistem ngarai yang perkasa, Valles Marineris. Itu sebagian tertutup awan.

"Transmisi gambar Mars pertama dari Hope Probe adalah momen yang menentukan dalam sejarah kami, dan menandai UEA bergabung dengan negara-negara maju yang terlibat dalam eksplorasi ruang angkasa," kata akun twitter misi tersebut.

"Kami berharap misi ini akan mengarah pada penemuan baru tentang Mars, yang bermanfaat bagi umat manusia," tulis akun itu lagi.

Harapan sekarang berjalan di elips awal di sekitar Mars yang datang sedekat 1.000 km dari planet, dan keluar hingga hampir 50.000 km. Selama beberapa pekan ke depan, ini akan dipangkas menjadi orbit 55 jam, 22 ribu km (dikali) 43 ribu km yang miring ke ekuator sekitar 25 derajat.

Dari tempat tinggi inilah Hope berencana melakukan penelitian baru. Ini akan melacak bagaimana energi bergerak melalui atmosfer dari paling bawah ke paling atas. 

Salah satu pencariannya adalah mempelajari kebocoran atom netral hidrogen dan oksigen ke ruang angkasa (sisa-sisa dari air Mars yang dulu melimpah). Ini akan menambah pemahaman kita tentang bagaimana tepatnya planet yang sebelumnya hangat dan basah, menjadi dunia yang dingin, berdebu, dan kering seperti sekarang. 

Pada hari penyelidikan UAE Hope mengambil gambar pertama ini, pengorbit Tianwen-1 Tiongkok tiba di Mars. Seperti Hope, ia harus melakukan manuver pengereman untuk memastikan gravitasi planet itu tertangkap.  

Misi Tianwen-1 membawa penjelajah yang akan dikirim ke permukaan pada Mei atau Juni. Badan antariksa China telah merilis citra awal dari apa yang dilihat satelitnya selama penyisipan orbitnya. 

Pekan yang akan datang ini, giliran Amerika. Penjelajah Perseverance mereka mencapai Mars pada Kamis dan akan segera mencoba mendarat di kawah dekat khatulistiwa Mars yang disebut Jezero. 

 

Sumber: bbc

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement