Selasa 16 Feb 2021 18:30 WIB

Pakistan Tuduh India Lakukan Nuklirisasi di Samudra Hindia

Menteri Luar Negeri Qureshi mengatakan kebijakan agresif India menimbulkan ancaman

Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Senin (15/2), menuduh India melakukan nuklirisasi di Samudera Hindia.

Menteri luar negeri menyebut Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) dan pengembangan Pelabuhan Gwadar sebagai proyek yang mengubah permainan yang semakin meningkatkan signifikansi geo-ekonomi Pakistan.

"Pelabuhan Gwadar, yang menempati lokasi strategis dan menghadap ke Selat Hormuz dan Laut Arab Utara, memiliki potensi untuk berkembang menjadi pusat regional yang lengkap dan pelabuhan pengiriman barang," kata Qureshi.

CPEC senilai USD64 miliar - berupa jaringan jalan, rel kereta api dan pipa - bertujuan untuk menghubungkan Provinsi Xinxiang di barat laut China, yang penting secara strategis, ke pelabuhan Gwadar di Balochistan.

Koridor itu akan memudahkan akses China ke Afrika dan Timur Tengah dan akan mendatangkan miliaran dolar bagi Pakistan serta memacu aktivitas bisnis di sepanjang jaringan jalan yang akan menggantikan Jalur Sutra.

“Pelabuhan Gwadar juga memberikan pemandangan baru bagi dunia usaha. Ekstraksi obat-obatan penyelamat jiwa, wisata pantai dan pengembangan perumahan di pesisir merupakan industri yang menarik investasi, baik lokal maupun asing,” tambah Qureshi.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pakistan-tuduh-india-lakukan-nuklirisasi-di-samudera-hindia/2146500
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement