Selasa 23 Feb 2021 11:19 WIB

China Tangkap Netizen yang Berkomentar Soal Bentrokan India

Media lokal melaporkan blogger yang ditangkap memiliki 3,8 juta pengikut Weibo

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera China. Polisi China menangkap seorang blogger yang menulis komentar mengenai tentara China yang tewas dalam bentrokan dengan pasukan India di perbatasan Himalaya.
Foto:

Pekan lalu untuk pertama kalinya China mengungkapkan jumlah korban tewas dari pihak mereka dalam bentrokan dengan tentara India di Lembah Galwan, Ladakh. Sebelumnya India mengumumkan 20 tentara mereka tewas dalam bentrokan tersebut.

Media militer China menetapkan pasukan yang gugur sebagai 'pahlawan' karena telah mengorbankan 'masa muda, darah dan nyawa' mereka untuk perbatasan. Chen Hongjun, Chen Xiangrong, Xiao Siyuan dan Wang Zhouran mendapat penghargaan anumerta.

Selama puluhan tahun China dan India bersengketa di wilayah perbatasan. Akar masalah ketegangan ini adalah perbatasan sepanjang 3.440 kilometer yang disebut Line of Actual Control.

Sungai, danau dan lapisan salju yang dapat bergeser kerap mengubah garis perbatasan. Sehingga pasukan kedua negara seringkali saling berhadapan di sejumlah titik yang akhirnya memicu konfrontasi. Tetapi sudah lama India dan China sepakat untuk tidak menggunakan senjata dan bahan peledak di perbatasan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement