Kamis 11 Mar 2021 01:31 WIB

Joe Biden akan Bertemu Tiga Negara Bahas Persaingan China

Joe Biden akan bertemu secara virtual dengan pemimpin Jepang, India, dan Australia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Presiden AS Joe Biden
Foto:

Pertemuan itu juga berencana untuk mengumumkan perjanjian pembiayaan yang mendukung peningkatan kapasitas produksi vaksin Covid-19 di India. Tujuannya adalah untuk mengurangi tumpukan produksi, mempercepat vaksinasi, dan mengalahkan beberapa mutasi virus corona. Beberapa dari kapasitas vaksin tambahan akan digunakan dalam upaya kampanye vaksinasi di negara-negara Asia Tenggara.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan, para pemimpin akan membahas masalah regional dan global serta bertukar pandangan tentang bidang kerja sama praktis untuk mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif. India mengatakan para pemimpin Quad akan membahas upaya untuk memerangi pandemi dan mengeksplorasi "peluang untuk berkolaborasi dalam memastikan vaksin yang aman, adil, dan terjangkau di kawasan Indo-Pasifik". 

Pemerintahan Biden telah berkomitmen untuk meninjau kembali kebijakan AS terhadap China dengan berkonsultasi dengan sekutunya. Hubungan antara AS dan China semakin memburuk di bawah pemerintahan mantan Presiden Donald Trump. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement