Kamis 11 Mar 2021 01:31 WIB

Joe Biden akan Bertemu Tiga Negara Bahas Persaingan China

Joe Biden akan bertemu secara virtual dengan pemimpin Jepang, India, dan Australia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Presiden AS Joe Biden
Foto: EPA-EFE/KEVIN DIETSCH
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan pertemuan secara virtual dengan pemimpin Jepang, India, dan Australia pada Jumat (12/3) mendatang. Gedung Putih mengatakan, pertemuan empat negara itu merupakan upaya untuk menyeimbangkan pertumbuhan militer dan ekonomi China. 

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, pertemuan negara-negara "Quad" menunjukkan pentingnya Biden pada sekutu dan mitra AS di kawasan Indo-Pasifik. Psaki menambahkan, dalam pertemuan tersebut Biden juga akan membahas tentang penanganan pandemi Covid-19, kerja sama ekonomi, dan krisis iklim. 

Baca Juga

Seorang pejabat senior pemerintahan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, AS ingin memperkuat hubungan dengan sekutu dan mitra utama ketika China mengadopsi kebijakan luar negeri yang semakin tegas di Asia dan tempat lain. Menurut pejabat itu, pertemuan pada Jumat (12/3) akan berlangsung sekitar dua jam dan menjadi dasar untuk melanjutkan pertemuan lainnya pada akhir tahun. 

Pejabat itu mengatakan, India, Australia dan Jepang secara langsung telah ditantang oleh China dalam beberapa periode terakhir. Pertemuan itu dimaksudkan untuk mengerjakan visi yang berbeda untuk masa depan di kawasan.

“Ini mengirimkan sinyal yang sangat kuat tentang sebab dan tujuan bersama. Dan tujuan di sini pada dasarnya adalah untuk memperkenalkan Quad sebagai fitur baru diplomasi reguler di Indo-Pasifik," kata pejabat senior itu. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement