Kamis 11 Mar 2021 13:04 WIB

Menhan India Dituduh Berbohong Soal Perbatasan dengan China

Pasukan China disebut melakukan ekspansi wilayah ke perbatasan barat India

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Sejumlah prajurit paramiliter India berjaga pada pos pemeriksaan di sepanjang jalan raya menuju Ladakh, di Gagangeer, India, Rabu (17/6). Menurut laporan, sebanyak dua puluh Personel Angkatan Darat India termasuk seorang kolonel tewas dalam bentrokan dengan pasukan Cina di Lembah Galwan di wilayah Ladakh timur karena pertempuran perbatasan
Foto:

Dalam sidang tersebut ia menjelaskan dengan rinci mengenai gesekan antara pasukan India dan PLA di timur Ladakh. Pernyataan Rajnath diamini oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Anurag Srivastava dalam konferensi minggu pada 25 Februari lalu. Ia mengatakan India tidak memberikan wilayahnya pada China dalam bentrokan di perbatasan Ladakh.

Bentrokan pasukan India dan China bentrok di timur Ladakh tahun lalu menjadi bentrokan paling mematikan dua raksasa Asia tersebut sejak perang tahun 1962. Dua puluh tentara India dan empat tentara China tewas dalam bentrokan tersebut.

Bulan lalu, New Delhi dan Beijing sepakat untuk menarik pasukan mereka dari Pangong Tso, wilayah yang disengketakan di timur Ladakh. Sejauh ini, militer kedua negara sudah menggelar 10 pertemuan untuk meraih solusi damai dan mengakhiri ketegangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement