Kamis 18 Mar 2021 12:35 WIB

Meksiko Minta Negara Benua Amerika Setop Urusi Bolivia

Organisasi negara benua Amerika menanggapi penangkapan presiden sementara Bolivia

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Mantan presiden sementara Bolivia Jeanine Anez
Foto:

Pada Ahad (14/3) lalu, di stasiun televisi pemerintah Menteri Kehakiman Ivan Lima mengatakan mengatakan ia ingin mendakwa Anez dengan hukuman 30 tahun penjara. Ia berencana untuk mengajukan tuntutan lain seperti mengajukan pinjaman senilai 350 juta dolar AS ke International Monetary Fund (IMF).

OAS yang mengawasi pemilihan tahun 2019 dan menemukan adanya kecurangan dalam pemilihan yang dimenangkan Morales, mendesak agar Anez dan menteri-menterinya dibebaskan. Mereka mendesak penyelidikan internasional yang imparsial.

Dalam pernyataannya Amnesty International mengatakan penangkapan Anez serta sejumlah keputusan untuk menghentikan kasus terhadap beberapa anggota partai sosialis yang berkuasa mencerminkan 'krisis impunitas' yang sudah berlangsung puluhan tahun di Bolivia. Jaksa yang menangani kasus Anez, Pablo Gutierrez mengatakan ia dan timnya mengikuti ketentuan hukum.

Anez yang menjabat sebagai senator sayap kanan moderat mengambil alih kekuasaan usai Morales mundur untuk menanggapi tuntutan unjuk rasa yang kerap berujung dengan kekerasan. Demonstran mengklaim Morales mencurangi pemilu. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement