Selasa 13 Apr 2021 04:31 WIB

Rusia Masih Bungkam Soal Konflik dengan Ukraina

Ukrania telah mengajukan permintaan untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Bendera Rusia

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, dia belum menerima permintaan Ukraina untuk melakukan pembicaraan terkait situasi di Donbass.

Ketika ditanya apakah Putin ingin membuka pembicaraan dengan Zelenskiy, Peskov mengatakan, dia berharap ada "kebijaksanaan politik" yang berlaku ketika harus menurunkan dan menghindari potensi perang.

Bentrokan antara separatis pro-Rusia dan pasukan Ukraina semakin memanas beberapa pekan terakhir. Penumpukan pasukan militer Rusia juga dikhawatirkan menambah ketegangan dalam konflik tersebut.

Pada Kamis (8/4) pagi, Presiden Zelensky mengunjungi garis depan di bagian timur negara itu. Beberapa hari terakhir dia meminta dukungan dari negara-negara Barat. Presiden AS Joe Biden pekan lalu menyatakan "dukungan tak tergoyahkan" untuk Presiden Zelenskiy dalam konfrontasinya dengan Rusia.

Perang di Ukraina pecah setelah Moskow menganeksasi Krimea tahun 2014 lalu. Konflik tersebut sudah menelan 13 ribu nyawa.

Kiev dan negara-negara Barat menuduh Rusia mendukung separatis dengan senjata dan pasukan. Moskow berulang kali membantah klaim tersebut. Perundingan damai yang ditengahi Prancis dan Jerman sejak 2015 lalu gagal mengakhiri perang.

Kremlin tidak membantah pergerakan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina. Tapi mereka menegaskan Moskow tidak mengambil sikap mengancam. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement