Rabu 26 May 2021 17:03 WIB

AS Isyaratkan akan Kirim Vaksin Covid-19 ke Taiwan

Taiwan kini berjuang melawan lonjakan kasus Covid-19 secara domestik.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
AS Isyaratkan akan Kirim Vaksin Covid-19 ke Taiwan. Vaksin Covid 19 (ilustrasi)
Foto:

Seperti kebanyakan negara, AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan. Tetapi AS merupakan pendukung terkuat Taiwan di panggung dunia dan sumber utama persenjataan.

China telah menawarkan vaksin kepada Taiwan, tetapi pemerintah Taiwan menolak. Taiwan mengatakan China belum memberikan informasi yang memadai tentang vaksin buatannya dan telah mencoba memblokir akses Taiwan ke vaksin secara internasional.

Taiwan telah memesan lebih dari 20 juta vaksin dari AstraZeneca dan Moderna  serta mengembangkan vaksinnya sendiri. Sejauh ini lebih dari 700 ribu dosis AstraZeneca telah tiba di Taiwan.

Kantor Urusan China di Taiwan mengatakan, Taiwan menggunakan banyak alasan berbeda untuk menghalangi orang-orangnya mendapatkan vaksin dari China. Juru bicara Kantor Urusan China di Taiwan Zhu Fenglian mengatakan, penolakan Taiwan terhadap vaksin China adalah hambatan politik terbesar untuk terbebas dari pandemi Covid-19.

"Ini adalah hambatan politik terbesar bagi rekan-rekan Taiwan untuk keluar dari epidemi secepat mungkin," kata Zhu. 

Lonjakan kasus Covid-19 di Taiwan meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk menerima vaksin dari China. Taipei menuduh Beijing menyebarkan berita palsu dan mencegah partisipasinya secara penuh di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sementara Beijing mengatakan, Taipei memainkan permainan politik dengan menolak vaksin China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement