Ahad 30 May 2021 06:28 WIB

Siapa Benar-Benar Bisa Hentikan Israel di Palestina?

DI Timur Tengah, AS memiliki kepentingan dengan memelihara Israel

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Serangan Israel ke Gaza Palestina
Foto:

Beberapa dari rezim ini melihat masyarakat mereka sendiri sebagai elemen ancaman dan bersekutu dengan Israel untuk melawan masyarakat mereka sendiri atau terhadap negara Muslim lainnya untuk mempertahankan eksistensi politik mereka.

Solusi realpolitik

Simpulan yang muncul dari diskusi ini adalah bahwa solusi realpolitik diperlukan bagi AS untuk mengubah arah kebijakan Timur Tengahnya dan bagi Israel untuk menghentikan terorisme negaranya.

Solusi realpolitik didasarkan pada keyakinan bahwa hukum, norma, dan institusi internasional tidak memberikan jaminan keamanan yang sempurna kepada negara dan masyarakat.

Melihat apa yang terjadi di tanah Palestina selama lebih dari tujuh puluh tahun, kami dapat dengan yakin menyatakan bahwa hukum dan norma internasional tidak berlaku untuk negara-negara yang memiliki hak istimewa dalam sistem internasional seperti Israel.

Oleh karena itu, solusi yang tepat di sini adalah tidak mengharapkan Israel dibatasi atau dihukum oleh hukum, melainkan untuk memastikan bahwa kekuatan Israel dan pendukungnya diimbangi. Ada dua cara untuk melakukannya, baik sementara maupun permanen.

Solusi sementara adalah menunggu lobi lain muncul di AS untuk mengimbangi kekuatan lobi Yahudi dan pendukungnya, sehingga Israel kehilangan pendukung utamanya. Namun, dalam hal ini, tidak ada jaminan bahwa Israel tidak akan menemukan pelindung lain.

Solusi lainnya adalah dengan berharap negara adidaya dari luar kawasan akan memimpin di kancah internasional untuk membela hak-hak rakyat Palestina. Namun, sayangnya kami tidak melihat Rusia atau China, yang keduanya memiliki kekuatan untuk melakukannya, mengambil tindakan apa pun terkait masalah ini saat ini, selain mengeksploitasi kematian warga sipil Palestina sebagai peluang untuk merugikan AS.

Oleh karena itu, solusi jangka panjang harus dimasukkan ke dalam agenda, meskipun kecil kemungkinannya untuk diwujudkan saat ini. Jadi, satu-satunya solusi permanen adalah munculnya negara besar di kawasan dengan kapasitas yang mumpuni untuk melindungi hak-hak Muslim.

Selama tidak ada negara itu, keamanan orang Palestina maupun orang Muslim lainnya di wilayah tersebut tidak akan pernah benar-benar terjamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement