Kamis 10 Jun 2021 15:29 WIB

KTT G7 di Inggris akan Fokus pada Pandemi Covid-19

PM Inggris akan memulai pembicaraan tentang pemulihan pandemi

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson
Foto:

Inggris telah menjadi pemimpin dalam memvaksinasi populasinya. Lebih dari tiga perempat orang dewasa telah menerima dosis pertama, dan Johnson akan mendesak para pemimpin G-7 untuk bertujuan memvaksinasi dunia pada akhir 2022. Johnson mencatat bahwa pemerintah Inggris membantu mendanai pengembangan vaksin AstraZeneca di Universitas Oxford, yang menyumbang satu dari tiga dosis di seluruh dunia.

"Itulah Global Britain beraksi," katanya Rabu, menggunakan slogan favorit.

Sementara Prancis mengatakan, Presiden Emmanuel Macron ingin melihat hasil nyata tentang vaksin, bukan hanya pengumuman semata.

"Kami membutuhkan kalender khusus – berapa banyak orang di seluruh dunia dan khususnya di Afrika yang akan divaksinasi," katanya. Sebelum pertemuan G-20 di Roma pada Oktober, seorang pejabat di kantor presiden mencatat bahwa Afrika telah menerima di bawah 2 persen dari dosis vaksin virus corona dunia. Pejabat itu tidak berwenang untuk diidentifikasi namanya untuk membahas agenda tersebut.

Bahkan tanpa pandemi, ini akan menjadi momen perubahan bagi kelompok negara kaya. Ini adalah KTT G-7 pertama untuk Biden dan Yoshihide Suga dari Jepang, yang menjabat pada September. Mario Draghi dari Italia adalah veteran peran internasional senior tetapi baru menjadi perdana menteri sejak Februari. Ini juga menjadi pertemuan terbaik Kanselir Jerman Angela Merkel, yang akan meninggalkan kantor dalam beberapa bulan mendatang setelah 16 tahun berkuasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement