Selasa 15 Jun 2021 12:00 WIB

Usai Bertemu Biden, Erdogan : Masalah AS-Turki Bisa Selesai

Erdogan mengatakan pertemuan tersebut 'produktif dan tulus'

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Foto:

Hubungan AS-Turki dibayangi serangkaian perselisihan termasuk dukungan AS pada pasukan Kurdi Suriah yang Turki anggap sebagai organisasi teroris. Pemerintah Biden juga lebih vokal mengkritik catatan pelanggaran hak asasi yang dilakukan Ankara.

Hubungan kedua negara memburuk sejak Turki membeli sistem pertahanan udara S-400s dari Rusia pada tahun 2019 lalu. Pembelian itu mendorong Washington memberikan sanksi dan mengeluarkan Turki dari program produksi pesawat jet F-35 dan tidak mengizinkan mereka membeli pesawat canggih tersebut.

"Dalam pertemuan yang digelar di sini, tidak mungkin S-400 tidak dibahas, apa pun pemikiran kami mengenai S-400s, saya menyampaikan pemikiran yang serupa pada Presiden Biden," kata Erdogan.

Lira Turki tergelincir 1 persen saat Erdogan berbicara setelah ekspektasi pasar naik beberapa hari terakhir dengan harapan Biden dan Erdogan mencapai kesepakatan mengenai S-400s. Erdogan yang memiliki hubungan lebih hangat dengan mantan Presiden AS Donald Trump mengatakan Biden mungkin akan datang ke Turki. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement