Kamis 17 Jun 2021 12:53 WIB

Apple Daily Dinilai Langgar UU Keamanan Nasional Hong Kong

Polisi mengerahkan 500 petugas untuk menggerebek kantor Apple Daily.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Polisi berjaga di samping halaman depan surat kabar Apple Daily
Foto:

Lai telah ditahan sejak Desember di bawah undang-undang keamanan. Dia menjalani beberapa hukuman karena mengambil bagian dalam beberapa demonstrasi, termasuk selama protes massa pro-demokras pada 2019.

Polisi keamanan nasional mengatakan, lima direktur sebuah perusahaan telah ditangkap karena dicurigai berkolusi dengan negara asing atau dengan elemen eksternal.  Polisi Hong Kong tidak menyebutkan nama tersangka.

Apple Daily mengatakan Pemimpin Redaksi Ryan Law, Chief Executive Officer Cheung Kim-hung, Chief Operating Officer Chow Tat-kuen, Wakil Pemimpin Redaksi Chan Puiman dan Chief Executive Editor Cheung Chi-wai  telah ditangkap dalam penggerebekan itu. Sebuah foto yang diterbitkan oleh Apple Daily menunjukkan, polisi mengambilalih meja wartawan dan menggunakan komputer mereka.  Apple Daily mengatakan, kantor mereka ditutup dan wartawan dilarang mengakses lantai tertentu atau mendapatkan peralatan dan buku catatan mereka.

Dalam foto tersebut, Law terlihat berjalan sambil diborgol dan diapit petugas polisi.  Langkah ini merupakan pukulan terbaru bagi Apple Daily setelah pihak berwenang memerintahkan agar saham Lai di Next Digital dibekukan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement