Rabu 07 Jul 2021 03:48 WIB

Gerakan Koperasi Ubah Wajah Provinsi Bagian Barat India

Gerakan koperasi mempengaruhi lanskap politik di provinsi terkaya di India

Red: Nur Aini
Meskipun koperasi tidak memberikan keberhasilan yang luar biasa di banyak bagian dunia, tetapi ada pelajaran bagi komunitas koperasi untuk belajar dari provinsi Maharashtra di bagian barat India.

Sanjeev Babar, direktur pelaksana Federasi Pabrik Gula Koperasi Negara Bagian Maharashtra, percaya bahwa koperasi memainkan peran penting dalam politik negara bagian itu.

“Anggota DPRD provinsi ada 288 orang, dan 150 di antaranya berasal dari usaha berbasis koperasi. Ini menunjukkan betapa pentingnya peran koperasi dalam politik Maharashtra,” kata dia kepada Anadolu Agency.

Menurut perkiraan, ada sekitar 35.000 anggota kredit pertanian primer (PACS), lebih dari 300.000 orang anggota kredit perumahan, dan lebih dari 300 koperasi simpan pinjam di negara bagian itu.

“Gerakan koperasi telah benar-benar mengubah negara. Mulai dari pabrik gula dan secara bertahap merambah ke sektor lain juga,” kata Babar.

 

Koperasi gula paling kuat

Sektor usaha gula paling kuat ada di tangan koperasi. Ada 178 pabrik gula terdaftar di negara bagian itu. Dari jumlah tersebut, kata dia, 30-40 pabrik bersaing dengan pabrik gula terbaik di dunia.

“Pabrik-pabrik ini merupakan hasil pengembangan menyeluruh. Sekolah, teknik, dan perguruan tinggi kedokteran telah muncul karena mereka. Tempat-tempat ini dulunya sangat terbelakang tetapi sekarang semuanya tersedia di sana,” kata Babar.

Dia mengatakan pertumbuhan usaha koperasi telah membantu meningkatkan kesempatan kerja di daerah pedesaan, dan mencegah migrasi orang-orang dari daerah pedesaan ke perkotaan.

Terlepas dari kisah sukses yang luar biasa, Babar mengatakan sulit untuk memprediksi masa depan mereka karena anggota dewan di provinsi sekarang semakin banyak berasal dari daerah perkotaan. Tapi tetap saja, model koperasi Maharashtra telah sukses menjadi contoh bagi seluruh dunia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/gerakan-koperasi-ubah-wajah-provinsi-bagian-barat-india-/2295918
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement