Rabu 28 Jul 2021 18:19 WIB

Pembunuh Wanita Keturunan Asia-Amerika Dihukum Seumur Hidup

Robert Aaron Long menembaki para wanita keturunan Asia dan diduga bermotif SARA

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi Penembakan. Robert Aaron Long menembaki para wanita keturunan Asia dan diduga bermotif SARA.
Foto:

Pada 16 Maret, Long menembak dan membunuh empat orang. Tiga di antaranya perempuan dan dua orang keturunan Asia di panti pijat  Youngs Asian Massage di Cherokee County. Orang kelima terluka.

Long lalu pergi ke Atlanta di mana ia menembak dan membunuh tiga orang perempuan di Gold Spa lalu menyeberang ke Aromatherapy Spa dan membunuh satu orang lagi. Semua korbannya di Atlanta adalah perempuan keturunan Asia.

Jaksa Distrik Fulton County Fani Willis mengatakan ia ingin mengajukan hukuman mati. Selain pembunuhan, Long didakwa kekerasan dengan senjata api dan terorisme domestik.

Wallace menegaskan penyidik di Cherokee County tidak menemukan bukti kejahatan bermotif ras. Long berjalan ke spa pertama dan 'menembak siapa pun dan semua orang yang ia lihat'. Pada polisi ia mengakui motif pembunuhannya adalah adiksi seks.

"Ini bukan jenis kejahatan kebencian," kata Wallace yang berkulit putih.

Ia mengatakan penyidik mewawancara orang-orang yang mengenal Long selama bertahun-tahun termasuk tiga orang perempuan keturunan Asia. Menurutnya mereka tidak pernah mendengar Long membuat pernyataan rasis. Timnya juga mempertimbangkan keragaman orang yang ditembak di Cherokee County.

Seorang laki-laki Hispanik, laki-laki kulit putih, dan perempuan kulit putih juga jadi korban penembakan. Pemimpin-pemimpin masyarakat Asia Amerika mengatakan mereka khawatir penembakan tersebut dianggap tidak bermotif ras tapi adiksi seks.

House of Representative Negara Bagian Georgia Bee Nguyen mengatakan kejahatan Long 'mengincar orang Asia terutama perempuan Asia'. Nguyen adalah warga Vietnam-Amerika pertama yang menjabat di House Negara Bagian Georgia dan kerap mengadvokasi masyarakat dan perempuan minoritas.

Wallace mengatakan di pengadilan ia sudah mengatakan kejahatan Long bermotif gender tapi ia tidak memperpanjang kalimatnya.

Jaksa di Fulton County di mana semua korbannya adalah perempuan keturunan Asia mengatakan mereka yakin kejahatan Long bermotif ras dan gender. Mereka berencana mengajukan dakwaan kejahatan kebencian.

Kejahatan kebencian di Georgia tidak menjadi satu dakwaan sendiri. Setelah sebuah kejahatan divonis, juri akan menentukan apakah kejahatan itu bermotif kebencian atau tidak. Jika bermotif kebencian maka terdakwa diberi hukuman tambahan.

Asosiasi Psikiatri Amerika tidak mengakui adiksi seks sebagai gangguan mental. Psikolog klinis dan penulis buku The Myth of Sex Addiction, David Ley, mengatakan walaupun beberapa orang kesulitan mengendalikan perilaku seksualnya tapi hal itu kerap dikaitkan dengan pandangan moral dan gangguan mental lain.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement