Jumat 06 Aug 2021 13:43 WIB

Israel: Iran Harus Tanggung Jawab Atas Kekacauan di Timteng

Menhan Israel sebut Iran harus bertanggung jawab atas puluhan serangan teroris

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Pasukan Garda Revolusi Iran. Menhan Israel sebut Iran harus tanggung jawab atas puluhan serangan teroris. Ilustrasi.
Foto:

Duta Besar Israel untuk PBB dan AS, Gilad Erdan, menyoroti peran yang dimainkan IRGC Iran dalam menabur kekerasan dan kehancuran di Timur Tengah dan di tempat lain di dunia. Hal itu ia jelaskan dalam sebuah surat yang dia tulis kepada DK PBB awal pekan ini.

Dia menuliskan Korps Pengawal adalah sponsor utama kelompok teroris dan milisi di seluruh wilayah. "Seiring waktu, IRGC telah mengembangkan persenjataan yang berbahaya dan tepat, seperti serangan drone dan rudal jarak jauh, yang digunakannya terhadap warga sipil dan objek sipil di negara-negara di seluruh kawasan, baik secara langsung atau melalui kelompok teroris yang disponsori IRGC dan mendukung," tulis Erdan.

Dia menjelaskan kepada DK PBB bahwa serangan maritim Iran tahun ini termasuk pada kapal milik Israel Helios Ray pada Februari dan Hyperion Ray pada April. CSAV Tyndall, yang sebelumnya dimiliki oleh seorang Israel, diserang pada Juni.

Pada 29 Juli lalu, Iran menyerang sebuah kapal tanker minyak dengan koneksi ke Israel di dekat Oman. Serangan itu menewaskan dua anggota awak di dalamnya.

Ini adalah serangan mematikan pertama dalam perang maritim yang berkelanjutan dan telah menyebabkan Yerusalem menuduh Teheran menabur kekerasan dan kehancuran. Dua awak yang tewas dalam serangan di Mercer Street adalah kapten Rumania dan seorang petugas keamanan Inggris. Meskipun dimiliki oleh perusahaan Jepang, Mercer Street dioperasikan oleh Zodiac Maritime yang berbasis di London, bagian dari Grup Zodiac miliarder Israel Eyal Ofer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement