Selasa 10 Aug 2021 12:01 WIB

AS Siap Sanksi Iran karena Dalangi Serangan Tanker Israel

Menlu AS Antony Blinken mengisyaratkan negaranya siap sanksi Iran

Rep: Kamran Dikarma/Puti Almas/ Red: Christiyaningsih
Bendera Iran. Menlu AS Antony Blinken mengisyaratkan negaranya siap sanksi Iran. Ilustrasi.
Foto: Tehran Times
Bendera Iran. Menlu AS Antony Blinken mengisyaratkan negaranya siap sanksi Iran. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengisyaratkan negaranya siap menjatuhkan sanksi baru ke Iran. Hal itu sehubungan dengan dugaan bahwa Teheran merupakan dalang di balik penyerangan kapal tanker asal Israel.

Blinken mengatakan serangan terhadap kapal MT Mercer Street di lepas pantai Oman pada akhir Juli lalu merupakan bagian dari pola serangan dan perilaku provokatif lainnya. Menurutnya, sudah sepatutnya semua negara meminta pertanggungjawaban kepada mereka yang mendalangi aksi semacam itu.

Baca Juga

 

“Gagal melakukan hal demikian akan memicu rasa impunitas mereka dan membuat pihak lain cenderung mengabaikan tatanan maritim,” ujar Blinken saat berbicara di sesi virtual Dewan Keamanan PBB tentang keamanan maritim pada Senin (9/8).

Sebelumnya Israel sudah berupaya menggalang dukungan global untuk menanggapi serangan terhadap MT Mercer Street yang diduga dilakukan Iran. “Kami bekerja untuk menggalang dunia, tapi pada saat yang sama kami juga tahu untuk bertindak sendiri,” kata Perdana Menteri Israel Naftali Bennett pada 3 Agustus lalu.

Bennett mengaku telah berbagi data intelijen dengan AS, Inggris, dan lainnya. Informasi dari mereka turut mengindikasikan Iran merupakan dalang di balik serangan terhadap MT Mercer Street.

Pada 29 Juli lalu, kapal Mercer Street asal Israel diserang di sekitar Pulau Masirah, Oman. Dua awak kapal yang berasal dari Rumania dan Inggris tewas dalam insiden tersebut. Seorang pejabat pertahanan AS menduga serangan dilakukan dengan menggunakan pesawat nirawak.

Baca juga : Biden Biarkan Kunduz Afghanistan Direbut Taliban

Rilis mengenai temuan oleh Pentagon mengenai serangan kapal tanker tersebut datang menyusul pernyataan kecaman dari Menteri Luar Negeri negara-negara G7 yang menyalahkan Iran atas serangan itu. Dalam pernyataan bersama, disebutkan bahwa bukti yang ada dengan jelas menunjuk ke Iran.

“Tidak ada pembenaran untuk serangan ini," kata pernyataan bersama para Menteri Luar Negeri G7 pekan lalu.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran pekan lalu dengan keras membantah klaim bahwa negaranya berada di balik serangan Mt Mercer Street, sebuah kapal tanker produk minyak milik Jepang berbendera Liberia dan dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel.

Disebutkan bahwa tuduhan itu tidak berdasar dan provokatif. Ia memperingatkan Iran akan menanggapi setiap tindakan apapun yang ditujukan pada negaranya dengan segera.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement