Senin 16 Aug 2021 15:43 WIB

Taliban VS Amerika Serikat Sejak Perang Lawan Teror

Amerika Serikat mengeluarkan banyak sumber daya untuk perangi Taliban

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Amerika Serikat mengeluarkan banyak sumber daya untuk perangi Taliban. Taliban berhasil menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul, Ahad (15/8).
Foto:

• Hamid Karzai jadi Presiden

Pada 7 Desember 2004, Hamid Karzai, pemimpin suku Popalzai Durrani, menjadi Presiden pertama di bawah konstitusi baru.  Dia menjabat dua periode sebagai Presiden.

• Pasukan Inggris ke Helmand

Pasukan Inggris pada Mei 2006, tiba di Provinsi Helmand, benteng Taliban di Selatan negara itu. Misi awal mereka adalah untuk mendukung proyek-proyek rekonstruksi, tetapi mereka dengan cepat ditarik ke dalam operasi tempur.  Lebih dari 450 tentara Inggris kehilangan nyawa mereka di Afghanistan selama konflik. 

• Penambahan pasukan di era Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 17 Februari 2009 menyetujui peningkatan pasukan dsalam jumlah besar yang dikirim ke Afghanistan.  Pada puncaknya, mereka bahkan berjumlah sekitar 140 ribu. Penambahan pasukan banyak disebut sebagai strategi Amerika Serikat di Irak agar berfokus pada melindungi penduduk sipil serta memerangi Taliban.

• Osama Bin Laden terbunuh

Pada 2 Mei 2011, pemimpin Alqaeda, Osama Bin Laden tewas dalam serangan oleh pasukan Amerika Serikat di sebuah kompleks di Abbottabad di Pakistan. Tubuh Bin Laden diangkat dan dikubur di laut. Operasi tersebut mengakhiri perburuan 10 tahun yang dipimpin CIA.   

Konfirmasi bahwa Bin Laden telah tinggal di tanah Pakistan memicu tuduhan di Amerika Serikat bahwa Pakistan adalah sekutu yang tidak dapat diandalkan dalam perang melawan teror.

Kematian Mullah Umar

Sejarah mencatat pada 23 April 2013, pendiri Taliban, Mullah Mohammed Omar, meninggal dunia.  Kematiannya dirahasiakan selama lebih dari dua tahun. Pemimpin Taliban diyakini menderita luka pecahan peluru di mata kanannya hasil dari konflik pada 1980-an

Menurut intelijen Afghanistan, Mullah Omar meninggal karena masalah kesehatan di sebuah rumah sakit di kota Karachi, Pakistan. Namun Pakistan menyangkal bahwa dia berada di negara itu. 

• NATO mengakhiri operasi tempur

Pada 28 Desember 2014, dengan sebuah upacara di Kabul, NATO mengakhiri operasi tempurnya di Afghanistan, yang dilanjutkan dengan Amerika Serikat menarik ribuan tentara. Namun sebagian besar tentara Amerika Serikat tetap fokus pada pelatihan dan mendukung pasukan keamanan Afghanistan.

• Kebangkitan Taliban

Pada 2015, Taliban mulai kembali meluncurkan serangkaian serangan bunuh diri, pemboman mobil dan serangan lainnya.  Gedung di Kabul, parlemen, dan kota Kunduz diserang. Militan bersenjata itu memulai operasi di Afghanistan.

• Pengumuman korban tewas

Pada 25 Januari 2019, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan lebih dari 45 ribu anggota pasukan keamanan negaranya gugur sejak ia menjadi pemimpin pada 2014. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

• Amerika Serikat tanda tangani kesepakatan dengan Taliban

Babak baru hubungan Taliban-Amerika terjadi pada 29 Februari 2020. Amerika Serikat dan Taliban menandatangani perjanjian untuk membawa perdamaian ke Afghanistan, di Doha, Qatar.  

Sekutu Amerika Serikat dan NATO setuju untuk menarik semua pasukan dalam waktu 14 bulan jika gerilyawan mendukung kesepakatan itu.

• Tenggat waktu penarikan pasukan 

Pasukan Amerika Serikat dijadwalkan mundur dari Afghanistan pada 11 September 2021, tepat 20 tahun sejak 9/11.  Ada indikasi kuat bahwa penarikan pasukan bahkan mungkin akan selesai sebelum batas waktu tersebut.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement