Selasa 17 Aug 2021 00:10 WIB

Lima Orang Tewas dalam Kekacauan di Bandara Kabul

Kekacauan terjadi di bandara Kabul saat pesawat AS hendak tinggalkan Afghanistan.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Reiny Dwinanda
 Orang-orang berusaha melintasi tembok perbatas Bandara Internasional Hamid Karzai untuk melarikan diri dari Afghanistan menyusul maraknya desas-desus bahwa negara-negara asing mengevakuasi orang-orang, bahkan tanpa visa, setelah Taliban menguasai Kabul, Afghanistan, 16 Agustus 2021.
Foto:

Sebelumnya, Mohammad Naeem, Juru Bicara kantor politik Taliban, mengatakan kepada Aljazirah TV bahwa rakyat Afghanistan dan Taliban telah menyaksikan buah dari upaya dan pengorbanan mereka selama 20 tahun. Ia mensyukuri berakhirnya peperangan.

"Alhamdulillah, perang sudah berakhir," kata dia.

photo
Taliban Kuasai Afghanistan - (Reuters/Aljazirah)

Butuh waktu lebih dari sepekan bagi Taliban untuk menguasai Afghanistan setelah serangan kilat yang berakhir di Kabul ketika pasukan pemerintah, yang dilatih selama bertahun-tahun dan dipersenjatai oleh Amerika Serikat dan lainnya dengan biaya miliaran dolar, dilebur. Aljazirah menyiarkan cuplikan dari apa yang dikatakan komandan Taliban di Istana Presiden dengan puluhan pejuang bersenjata.

Naeem pun mengatakan, bentuk rezim baru di Afghanistan akan segera diperjelas. Ia menyebut bahwa Taliban tidak ingin hidup dalam isolasi dan menyerukan hubungan internasional yang damai.

Taliban mengklaim akan berusaha untuk menampilkan wajah yang lebih moderat. Mereka berjanji untuk menghormati hak-hak perempuan dan melindungi baik orang asing maupun warga Afghanistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement