Sabtu 28 Aug 2021 05:00 WIB

10 Peralatan Militer Canggih AS yang Diambil Alih Taliban

Taliban diperkirakan mengambil alih mulai dari pesawat hingga kendaraan lapis baja

Rep: Flori Sidebang/ Red: Christiyaningsih
Pejuang Taliban mengibarkan bendera mereka saat berpatroli di Kabul, Afghanistan, Kamis, 19 Agustus 2021.
Foto:

6. M1151 Humvee

Kendaraan ini adalah pengangkut persenjataan yang telah ditingkatkan dengan harga lebih dari 220 ribu dolar AS per unitnya dan diciptakan untuk melindungi penumpang dengan pelindung luar biasa. Pada 2017, AS telah memasok 4.700 Humvee ke Afghanistan. Menurut berbagai laporan media, saat ini sebagian besar Humvee berada di tangan Taliban.

7. Sistem Senjata Sniper M24

Disebut sebagai sistem, aksesori dan lampirannya membantu senjata berubah menjadi senapan sniper mata elang. M24 dikenal dengan kesederhanaan dan keandalannya serta memberikan akurasi yang unggul.

8. Senjata serbu M18

Senapan laras panjang yang dapat menembak tank dan personel dengan akurasi tinggi. Senapan recoilless ini mampu menembakkan peluru tipe artileri lebih efektif daripada senjata anti-tank. Taliban telah menyita ribuan senapan serbu semacam ini.

9. M4 Carbine

Senjata ini dioperasikan dengan gas dengan biaya rata-rata 700 dolar AS dan memiliki sistem multi-tembak. Sistem ini memungkinkan senapan dilengkapi dengan laser, peluncur granat, penglihatan malam (night vision), senter, tanda laser, dan bahkan senapan kecil yang memberikan daya mematikan ekstra. AS meninggalkan ribuan dari senjata ini.

10. Granat daya ledak tinggi 40 mm

Dirancang untuk amunisi peluncur granat, senjata ini terdiri dari peluru berkecepatan tinggi. "AGL (Peluncur Granat Otomatis) dengan meriam 40mm kecepatan tinggi memberikan jangkauan efektif sekitar dua kilometer," kata pakar pertahanan Helge Stadheim menjelaskan fungsional granat 40 mm tersebut. Adapun biayanya sekitar 400 hingga 500 dolar AS per kartrid (cartridge).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement