Ahad 05 Sep 2021 11:39 WIB

Indonesia Apresiasi Turki Hingga Taliban Saat Evakuasi WNI

Indonesia ingin melihat Afghanistan yang damai dan makmur.

Red: Nur Aini
Indonesia memberi apresiasi kepada Turki hingga Taliban atas peran mereka sehingga proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan pada pertengahan Agustus lalu dapat terlaksana.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga telah menyampaikan tiga poin penting saat bertemu dengan pihak Taliban di Doha, Qatar, pada 26 Agustus.

Dalam pertemuan itu, Indonesia mendorong terbentuknya pemerintahan yang inklusif, penghormatan hak-hak perempuan, serta menekankan agar Afghanistan tidak menjadi tempat berkembangnya kelompok teroris.

Indonesia melihat perkembangan situasi lebih lanjut dan menantikan bagaimana pemerintahan Taliban ke depannya.

“Pemerintah Indonesia secara optimal akan terus menggunakan mesin diplomasinya di beberapa negara untuk melihat sikap negara-negara lainnya,” kata Abdul.

Gerakan Taliban menguasai Afghanistan setelah mengambil ibu kota Kabul pada 15 Agustus, memaksa presiden Afghanistan dan pejabat tinggi lainnya untuk meninggalkan negara itu.

Perebutan kekuasaan yang tak terduga memicu kekacauan mereka yang ingin melarikan diri dari Afghanistan, termasuk warga sipil yang membantu tentara atau kelompok asing.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/indonesia-apresiasi-peran-turki-hingga-taliban-saat-evakuasi-wni-di-afghanistan/2354673
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement