Ahad 07 Nov 2021 00:02 WIB

Palestina Sambut Konsensus Hak Menentukan Nasib Sendiri

Sebanyak 158 negara anggota PBB dukung Palestina tentukan nasib sendiri.

Rep: Ali Mansur/ Red: Reiny Dwinanda
Bendera Palestina. Komite III Majelis Umum PBB memberikan dukungannya bagi pemenuhan hak rakyat Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri.
Foto:

Israel selama ini menduduki Tepi Barat dan Yerusalem Timur dalam perang Timur Tengah pada Juni 1967. Wilayah Palestina tersebut telah dikuasai Israel sejak itu.

Sementara itu, Palestina telah mencari penentuan nasib sendiri dalam upaya untuk mendirikan negara terpisah di perbatasan. Palestina masih berjuang menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk Palestina. Ia menyatakan dukungan tersebut saat bertemu dengan Perdana Menteri Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh di sela KTT Pemimpin Dunia COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow Skotlandia, Senin, (1/11) waktu setempat.

Jokowi mengatakan, Indonesia terus mendukung perjuangan Palestina menjadi negara yang merdeka dann berdaulat penuh. Indonesia mendukung Palestina untuk dapat menentukan nasibnya sendiri dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement