Rabu 01 Dec 2021 16:41 WIB

Drama Magdalena Andersson, Dua Kali Jadi PM dalam Sepekan

Magdalena Andersson menjadi perdana menteri wanita Swedia lewat sebuah drama politik

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Magdalena Andersson menjadi perdana menteri wanita pertama Swedia lewat sebuah drama politik. Ilustrasi.
Foto:

Jajak pendapat menunjukkan pemilih lebih percaya pada Andersson daripada salah satu pemimpin partai Swedia lainnya. Namun profil Andersson yang sejauh ini meningkat di media telah gagal menggalang dukungan ekstra untuk partainya.

Variabel kunci lainnya adalah kaum nasionalis. Hingga saat ini, partai oposisi sayap kanan lainnya menolak untuk berkoalisi dengan Demokrat Swedia, meskipun hal itu akan memecah kebuntuan politik. Namun dua dari kelompok nasionalis, yaitu moderat konservatif dan Demokrat Kristen, tampaknya semakin terbuka untuk bernegosiasi dengan mereka.

"Saya tidak akan menebak siapa yang akan memenangkan pemilu berikutnya," kata Dahlerup.

Jejak Karier Magdalena Andersson

Dilansir BBC pada Rabu (1/12) wanita berusia 54 tahun itu adalah seorang politikus karier yang berpengalaman. Dia memiliki reputasi sebagai pembicara yang blak-blakan dan negosiator yang kuat.

Andersson merupakan mantan juara renang junior dari kota universitas Uppsala. Dia memulai karier politiknya pada 1996 sebagai penasihat politik untuk Perdana Menteri Goran Persson.

Andersson menjabat sebagai menteri keuangan di bawah pemerintahan Stefan Lofven sejak 2014. Sebelum menjadi anggota parlemen, Andersson memiliki peran sebagai pejabat senior di Badan Pajak Swedia. Dia telah menghabiskan waktu selama tujuh tahun terakhir sebagai menteri keuangan sebelum menjadi pemimpin Sosial Demokrat pada awal November.

Dalam situs website pemerintah Swedia, Andersson merupakan lulusan Universitas Harvard pada 1995 dan mengambil studi bisnis administrasi dan ekonomi di Stockholm School of Economics. Dia pernah menjadi dosen paruh waktu di Stockholm School of Economics pada 1994.

Andersson telah menikah dan memiliki dua anak. Dia bertemu dengan suaminya, Richard Frieberg ketika mengenyam pendidikan di Stockholm School of Economics. Frieberg sekarang merupakan profesor di kampus tersebut. Andersson dan suaminya gemar menjalani aktivitas luar ruangan seperti hiking dan olah raga kayak atau kayaking

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement