Senin 07 Feb 2022 12:12 WIB

Kunjungan Blinken ke Pasifik Tegaskan Fokus AS di Asia

Antony Blinken dijadwalkan berangkat menuju Australia, Fiji dan Hawaii.

Rep: Lintar Satria / Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken
Foto:

Tahun lalu anggota parlemen republik Kiribati di kepulauan Pasifik mengatakan Cina telah menyusun rencana untuk memperbaharui landasan terbang salah satu pulau terpencil yang berjarak sekitar 3.000 kilometer dari Hawaii. Rencana itu memberi Cina pijakan dekat AS dan sekutu-sekutunya.

AS mengatakan perjanjian AUKUS dan kerja sama Quad menunjukkan komitmen mereka di Indo-Pasifik.  

Namun pengamat menilai langkah mantan Presiden AS Donald Trump mundur dari kerangka kerja yang kini dikenal Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kerjasama Trans-Pasifik (CPTPP) masih mengurangi keterlibatan AS di kawasan. Banyak negara yang bergabung dengan CPTPP merupakan mitra dagang Cina.

"Waktu dan substansi materi Quad didorong agenda bersama empat negara, yaitu untuk mengalahkan Cina dengan menawarkan kesepakatan dan alternatif yang lebih baik pada kawasan," kata Russel.

Pada bulan Oktober lalu Biden memberitahu pemimpin-pemimpin Asia, AS akan meluncurkan pembicaraan Kerangka Kerja Ekonomi Indo-Pasifik yang baru. Tapi baru sedikit detail yang telah diungkapkan.

Pemerintah Biden juga enggan menawarkan akses pada pasar yang lebih luas seperti yang diinginkan negara-negara Asia. Sebab dianggap akan mengancam lapangan kerja di Amerika.

Di Hawaii, Blinken akan menjamu menteri luar negeri Korea Selatan dan Jepang. Mereka diperkirakan akan membahas Korut yang meluncurkan beberapa rudal pada awal tahun ini. AS khawatir Pyongyang akan kembali menguji rudal balistik antar-benua dan bom nuklir pertama sejak 2017.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement