Jumat 04 Mar 2022 08:51 WIB

Warga Hong Kong Titip Bantuan Melalui Restoran Ukraina, Ada yang Kasih Tip Rp 18,3 Juta

Pemilik restoran Ivan the Kozak di Hong Kong turut menyalurkan bantuan untuk Ukraina.

Pengungsi dari Ukraina berkumpul di dekat perbatasan Polandia-Ukraina di Hrebenne, Polandia tenggara, 3 Maret 2022. Warga Hong Kong turut menitipkan donasinya untuk para pengungsi lewat restoran Ukraina Ivan the Kozak.
Foto:

Sebagai orang Ukraina, Olena mengatakan, dia tak menyimpan kebencian pribadi terhadap Rusia dan hanya menginginkan perdamaian. Di antara para staf pun tak ada permusuhan, menurut dia.

Olena menyebut, orang Rusia di Hong Kong beruntung karena bisa melihat gambaran lengkap berita, tak seperti mereka yang hanya melihat propaganda di kampung halaman sendiri. Dia mengatakan sangat tersentuh atas "keberanian" dan "tekad" masyarakat sipil Ukraina dalam menghadapi perang.

Orang tua Olena yang sudah lanjut usia tinggal di pinggiran kota 20 km dari pusat kota Kyiv. Ia mengatakan, ayah dan ibunya terlalu tua dan lemah untuk pergi ke tempat perlindungan. Itu membuatnya cemas dan marah terhadap pemerintah Rusia.

"Kami tak mau jadi pengikut seseorang. Kami ingin bebas. Kami ingin anak-anak kami punya masa depan. Kami bisa berjuang, kami bisa mengorbankan nyawa demi ini," kata Olena, dikutip Reuters pada Jumat (4/3/2022).

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement