Rabu 09 Mar 2022 05:05 WIB

Terjebak di Basement Rumah Sakit, Anak Ukraina Rindukan Rumah

Anak Ukraina yang sakit berlindung dari rudal Rusia.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Seorang petugas polisi Ukraina berlari sambil menggendong seorang anak ketika artileri bergema di dekatnya, saat melarikan diri dari Irpin di pinggiran Kyiv, Ukraina, Senin, 7 Maret 2022. Terjebak di Basement Rumah Sakit, Anak Ukraina Rindukan Rumah
Foto:

 

Ibu Kira, Mary, berkata ledakannya sangat kuat sehingga semua rumah bergetar. Tiga malam di tempat parkir bawah tanah yang dingin, tempat keluarga Rihtik dan puluhan tetangga mereka bersembunyi dari serangan, memperparah pneumonia putrinya.

"Kami baru saja datang (dari tempat parkir) untuk membuat anak kami menjadi hangat," ucap Mary.

Mary menjelaskan Kota Borshchahivka mengalami kekurangan makanan dan para sukarelawan yang datang dengan membawa persediaan menyelamatkan banyak warga lanjut usia. Setelah tiga hari merasakan seperti di neraka, rumah sakit terasa seperti surga.

“Saya mempunyai segalanya,” ucap Kira dengan menggunakan kaus hitam bertuliskan 'Saya menunggu akhir pekan'.

Namun setelah tiga hari tersebut, Kira dan Nadia harus kembali ke Borschahivka. “Kami sangat takut untuk meninggalkan (Kyiv), tidak ada tempat untuk ditinggali di Lyviv,” ucap Mary, mengacu pada sebuah kota di Ukraina barat yang berfungsi sebagai pintu gerbang bagi ratusan ribu pengungsi Ukraina untuk ke Polandia.

“Kami tidak punya tempat tujuan,” katanya.

https://www.aljazeera.com/news/2022/3/6/russia-ukraine-war-children-shelter-hospital-basement

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement