Jumat 25 Mar 2022 08:22 WIB

Rusia: Polandia Mulai Eskalasi Berbahaya di Eropa Timur

Rusia menyebut Russophobia menjadi dasar pengusiran diplomatnya oleh Polandia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Pengungsi Ukraina dengan anak-anak menaiki transportasi di alun-alun di sebelah stasiun kereta api di Przemysl, Polandia, pada Selasa, 22 Maret 2022. Polandia telah mengusir 45 diplomat Rusia.
Foto:

Rusia menegaskan, negaranya tidak akan membiarkan langkah Polandia tersebut terlewat tanpa tanggapan. Pada Rabu (23/3/2022) lalu, Polandia mengumumkan pengusiran 45 diplomat Rusia.

Mereka dituding sebagai “mata-mata” yang berpura-pura menjadi diplomat. Kedutaan Besar Rusia di Warsawa telah membantah tuduhan tersebut.

Pada Rabu lalu, badan kontra spionase Polandia, ABW, juga mengumumkan bahwa mereka telah menahan seorang warganya yang dicurigai melakukan aksi spionase untuk dinas rahasia Rusia. Sebagai anggota NATO, Polandia memang telah menyatakan dukungannya untuk Ukraina dalam konflik dengan Rusia.

Saat ini, Polandia menjadi negara yang paling banyak menampung pengungsi Ukraina. Jumlahnya diperkirakan melebihi dua juta orang. Warga Ukraina yang mengungsi ke negara-negara tetangga dilaporkan telah melampaui 3,5 juta orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement