Jumat 25 Mar 2022 09:21 WIB

Barat Terus Perkuat Bantuan Militer Ukraina

NATO mengumumkan rencana memberikan unit tempur baru di 4 negara Eropa timur.

Rep: Dwina agustin/ Red: Friska Yolandha
Petugas memasukkan bantuan yang akan dikirimkan ke Ukraina di Pangkalan Angkatan Udara AS Yokota, Jepang, Rabu (16/3/2022).
Foto:

Meski berhasil merebut beberapa wilayah, termasuk Mariupol, serangan ke kota besar masih dapat ditahan oleh Ukraina.  Padahal Rusia menembak tanpa henti dan serangan bisa ditahan di dekat ibu kota Kiev dan mengepung kota-kota di timur.

Angkatan bersenjata Ukraina mengatakan telah memukul mundur lima serangan Rusia di timur negara itu pada Kamis, menghancurkan kendaraan termasuk tank dan menewaskan hingga 130 tentara. Ukraina juga mengatakan pasukannya telah menghancurkan kapal pendarat Rusia "Orsk" di pelabuhan Berdyansk yang diduduki Rusia.

Kepala staf angkatan bersenjata Ukraina mengatakan Rusia masih berusaha untuk melanjutkan serangan untuk merebut kota Kyiv, Chernihiv, Sumy, Mariupol dan Kharkiv. Di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, ratusan orang bersembunyi di dalam stasiun metro jauh di bawah tanah untuk menghindari serangan rudal Rusia dan penembakan hampir setiap hari. 

Kremlin menuduh NATO memiliki pemahaman yang histeris dan tidak memadai tentang peristiwa di Ukraina. Putin mengatakan ekspansi timur NATO mengancam keamanan Rusia dan memisahkannya dari Ukraina.

Hampir tiga perempat dari anggota Majelis Umum PBB menuntut akses bantuan di Ukraina dan mengkritik Rusia atas situasi kemanusiaan yang mengerikan. Washington mengumumkan bantuan kemanusiaan senilai satu miliar dolar AS lebih untuk Ukraina dan tawaran untuk menerima 100.000 pengungsi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement