Ahad 30 Oct 2022 15:13 WIB

Imbas Tragedi Itaewon, Korea Selatan Batalkan Semua Festival, Termasuk SMTown Wonderland

Semua festival, acara budaya, dan pesta dibatalkan menyusul tragedi Itaewon.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, kiri tengah, mengunjungi lokasi di mana puluhan orang tewas dan terluka di Seoul, Korea Selatan, Ahad, 30 Oktober 2022, setelah massa yang sebagian besar anak muda yang merayakan perayaan Halloween terjebak dan tertimpa reruntuhan. kerumunan melonjak ke gang sempit.
Foto:

Masa berkabung

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional yang berlaku mulai Ahad (30/10/2022) terkait insiden pesta Halloween di daerah Itaewon yang menewaskan sekitar 151 orang. Masa berkabung berlangsung hingga akhir penanganan tragedi Itaewon.

Yoon juga memerintahkan penurunan bendera setengah tiang. Yoon menyatakan belasungkawa kepada para korban dan berharap korban luka-luka segera pulih.

"Ini benar-benar tragis. Tragedi dan bencana ini terjadi di jantung kota Seoul tadi malam," ujar Yoon.

Kerumunan orang dalam jumlah besar memadati distrik Itaewon yang populer pada Sabtu (29/10/2022) malam untuk merayakan Halloween. Jumlah orang yang membeludak membuat mereka saling berdesakan hingga menimbulkan korban.

"Ini benar-benar mengerikan. Bencana dan tragedi hari Sabtu seharusnya tidak pernah terjadi. Sebagai presiden, yang bertanggung jawab atas kehidupan dan keselamatan rakyat, hati saya berat dan saya berjuang untuk mengatasi kesedihan saya," kata Yoon dalam pidatonya di kantor kepresidenan Korsel, Ahad (30/10/2022), dikutip laman kantor berita Korsel, Yonhap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement