Selasa 23 May 2023 18:32 WIB

Laporan: Pasukan Khusus Inggris Jalankan Operasi Rahasia di Berbagai Negara Muslim

Pasukan khusus Inggris jalankan operasi rahasia di 8 negara Arab dan 3 negara Muslim.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Pasukan khusus Inggris telah melakukan operasi rahasia di 19 negara, termasuk delapan negara Arab dan tiga negara Muslim, selama 12 tahun terakhir.
Foto:

Menurut AOAV, setelah pecahnya kekerasan di Sudan bulan lalu, pasukan khusus Inggris mengawasi evakuasi sekelompok kecil diplomat Inggris dan keluarga mereka dari Khartoum. Tim elite ini mengangkut mereka ke pangkalan udara di utara ibu kota.

Dalam sebuah gerakan yang dicatat AOAV, tindakan itu dirancang untuk melindungi kerahasiaan operasi elite. Penghargaan diberikan kepada resimen Parasut, Marinir Kerajaan dan Angkatan Udara Kerajaan, tanpa ada unit pasukan khusus yang diidentifikasi atas keterlibatan mereka.

Dalam dokumen yang bocor awal tahun ini, juga terungkap sekitar 50 anggota pasukan khusus hadir di Ukraina di tengah invasi Rusia. Menanggapi laporan AOAV, juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris menolak berkomentar lebih jauh.

"Sudah menjadi kebijakan lama pemerintah berturut-turut untuk tidak mengomentari pasukan khusus Inggris," dalam sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement