Rabu 28 Jun 2023 10:27 WIB

Berapa Banyak Uang yang Digelontorkan AS untuk Israel?

Israel telah menjadi penerima bantuan luar negeri AS terbesar secara keseluruhan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Sejak Perang Dunia Kedua, Israel telah menjadi penerima bantuan luar negeri AS terbesar secara keseluruhan.
Foto:

Ada sejumlah alasan mengapa AS memberikan begitu banyak bantuan kepada Israel, termasuk komitmen bersejarah sejak dukungan AS untuk pembentukan negara Yahudi pada 1948. Washington memandang Israel sebagai sekutu penting di Timur Tengah, dengan tujuan bersama dan komitmen bersama terhadap nilai-nilai demokrasi.

Layanan Riset Kongres AS mengatakan, bantuan luar negeri AS telah menjadi komponen utama dalam mempererat dan memperkuat ikatan ini. Pejabat AS dan banyak anggota parlemen telah lama menganggap Israel sebagai mitra penting di kawasan itu

Badan bantuan luar negeri pemerintah AS mengatakan, bantuan AS membantu memastikan bahwa Israel mempertahankan Qualitative Military Edge (QME) atas potensi ancaman regional. Bantuan AS ditujukan untuk memastikan bahwa Israel cukup aman untuk mengambil langkah-langkah bersejarah yang diperlukan, guna mencapai kesepakatan damai dengan Palestina dan perdamaian regional yang menyeluruh.

Memastikan Israel dapat mempertahankan diri dari ancaman di wilayah tersebut telah menjadi landasan kebijakan luar negeri AS untuk presiden dari Partai Demokrat dan Republik selama beberapa dekade. Platform pemilihan partai Demokrat 2020 menyatakan dukungan kuat untuk Israel. Tetapi beberapa orang di sayap kiri partai sekarang mempertanyakan komitmen bantuan AS. Senator Sanders dan anggota Demokrat lainnya telah bergerak untuk mencoba menghentikan rencana penjualan senjata berpemandu presisi ke Israel senilai 735 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement